ferdi electonic.

Senin, 08 Februari 2010

tv china horisontal tidak singkron

satu minggu yang lalu saya dapat garapan tv china.dengan kerusakan horisontal tidak singkron.setelah saya amati terdapat cairan yang menetes dari lilitan degausing,sehingga pcb basah.langsung saja saya bersihkan dengan tiner.setelah bersih dan kering.saya coba nyalakan tv.ternyata masih tidak singkron.setelah saya cek kembali.saya menemukan R yang molor.yaitu R273 resistansinya menjadi 12k.normalnya 4k7.dan juga ada elco yang bocor C407.50v,1uf.setelah ke 2 komponen tersebut saya ganti.saya nyalakan tv.ternyata tv normal.setelah nyala sekitar 15 menit.tv saya tutup dan dibawa pulang oleh pemiliknya.ke esokan harinya tv kembali di bawa ke tempat saya dengan keluhan yg sama.horisontal tidak singkron.saya lihat cairan dari degaus tidak menetes lagi.dan pcb pun kering.saya kembali mengecek komponen-komponen yg saya curigai sebagai penyebab ternyata semua baik-baik saja.saya nyalakan tv.kok masih gak singkron.akhirnya saya ambil blower tak sembur pcbne pakai angin panas.akhirnya tv normal dan dibawa pulang.saya berpesan pada pemiliknya kalau tv kambuh tak suruh bawa kemari lagi.tak tunggu hari ke 1,2,3,4 kok gk ada kesini.akhire ketemu sama dia saya.saya tanya gimana pak tvnya?.diya jawab udah gak kambuh lagi sampai sekarang masih bagus.alhamdulilah ternyata obatnya sepele..beginilah susah senengnya jadi montir tv.semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: